Sunday, September 25, 2016

Menulis e-Book berbekal kumpulan tulisan di website

Dari hasil mengelola beberapa website, aku berkeingan untuk membuat e-Book dan menjualnya melalui website. Setelah materinya aku rasa cukup, dari kumpulan tulisan postingan di website, aku menulisnya dalam format e-Book “Cara Mudah Menulis Proposal Penelitian”.

e-Book tuntunan praktis
Karena e-Book ini bersifat tuntunan praktis, aku mengkombinasikan banyak hal yang ilmiah dan “njlimet”  itu menjadi sesuatu yang praktis, mudah dimengerti dan diterapkan. Dalam hal ini aku memadukan materi metodologi penelitian itu dengan hasil-hasil diskusi dan masukan pembaca,  keluhan mahasiswa serta share pengalaman pribadi dan teman dosen sebagai pembimbing dan penguji proposal penelitian.

Dari sifatnya yang praktis itu, e-Book itu cocok bagi siapa saja, mahasiswa reguler maupun non-reguler-yang notabene sangat minim memperoleh pengetahuan dari matakuliah metodologi. Sehingga tanpa harus ribet, proposal dan atau laporan penelitian mahasiswa, akan selesai tepat waktu, bahkan lebih awal!

Sebagai pendamping dosen pembimbing
Pengalaman menjadi mahasiswa dan menjadi dosen pembimbing dan penguji proposal dan laporan penelitian, mahasiswa mengeluh tentang penguasaan materi metodologi dan menerapkannya ke dalam proyek penelitiannya. Disamping itu, mahasiswa juga banyak mengeluh, waktu tidak cukup untuk dapat bertemu dan berkonsultasi dengan dosen pembimbing.

Keluhan mereka yang mahasiswa reguler lebih beragam dibanding mahasiswa yang sudah bekerja atau non-reguler. Dari bagaimana  menyiapkan topik dan ide penelitian, tinjauan pustaka dan pencarian bahan dan buku sumber, jurnal ilmiah, metodologi penelitian dan analisis data statistik, konsultasi dengan pembimbing, mendesaknya batas waktu seminar dan pengumpulan laporan penelitian, tindak lanjut hasil koreksi dosen pembimbing maupun penguji serta kesiapan materi seminar. Belum lagi persoalan pemahaman tata tulis dan kemampuan menulisnya. Sedangkan mahasiswa karyawan yang non-reguler, hampir semua memiliki persoalan yang seragam. Mereka mengeluhkan semua hal yang dikeluhkan mahasiswa reguler itu!

Sebagai solusi

Sehingga kesimpulanku, jika saat ini anda juga mengalami hal yang sama seperti kebanyakan mahasiswa lainnya, yaitu mengalami kesulitan dalam menulis proposal dan laporan penelitian, maka layaklah untuk memiliki E-Book ini. e-Book yang setebal hampir 100 halaman ini berisi panduan praktis dan cocok untuk umum dan mahasiswa, baik mahasiswa reguler maupun non-reguler dalam  penulisan proposal dan laporan penelitian untuk  Kertas Kerja, Karya Tulis, Skripsi, Thesis atau Disertasi.

No comments:

Post a Comment