Sunday, September 25, 2016

Melayani jasa konsultasi penulisan penelitian online

Dalam perkembangannya, websiteku itu makin banyak orang mengunjunginya. Diantara para pengunjung ada yang menyatakan terimakasih telah membantu studinya. Ada juga yang mengkopi materi posting untuk menyelesaikan tugas-tugas dosen mereka. Ada juga yang berulang-ulang bertanya, hingga ada juga yang menyatakan tidak puas, karena dirasa terlalu lama aku menjawabnya. Beberapa diantara  memohon agar aku mau menjadi konsultanya, mendampingi secara online selama mahasiswa sedang menyelesaikan penulisan proposal, proyek penelitian, hingga selesai ujian hasil.

Banyaknya permintaan
Mempertimbangkan banyaknya permintaan dari mahasiswa itulah kemudian aku melayani jasa konsultasi online penulisan proposal penelitian. Sehingga dalam website menulisriset aku tambahkan menu “Jasa Konsultasi”. Agar setiap pengunjung mengerti tentang tatacara memanfaatkan jasa tersebut, aku kemudian memuat beberapa tulisan yang berisi penjelasan pokok. Agar semuuanya mengetahui dan menyetujui proses jasa konsultasi itu dilakukan. Di kemudian hari,agar  tidak ada fihak yang menyalahkan atau mengeluh, setelah seseorang itu membayar sejumlah tertentu.

Beberapa hal yang diatur menyangkut ketentuan dan cara tatacara jasa konsultasi online penulisan proposal penelitian itu, adalah:
1.        Apa itu Layanan Konsultasi Penulisan proposal dan laporan penelitian itu?
2.        Bentuk Layanan Konsultasi Penulisan proposal dan laporan penelitian
3.        Biaya Layanan Konsultasi Penulisan proposal dan laporan penelitian
4.        Format Permintaan Menjadi Konsultan online penulisan proposal dan laporan  penelitian
6.        Prosedur permintaan Layanan Konsultasi Penulisan proposal dan laporan penelitian

Mekanisme penyelenggaraan jasa konsultasi

Secara mudahnya, jika seseorang pengunjung website, dalam hal ini seorang mahasiswa, setelah membaca ketentuan-ketentuan yang ada dan tertarik untuk memintaku sebagai konsultan, maka seseorang itu harus mengajukan “Surat permintaan menjadi konsultan penulisan proposal dan laporan penelitian”. Format surat tersebut dapat didownload atau dikopi-paste dari halaman web. Setelah diisi data pemohon dan jenis dan ruang lingkup konsultasi yang dipilih, dikirim via e-mailku cokroaminoto2007@gmail.com  Setelah itu, aku akan membuat perjanjian waktu kapan proses konsultasi itu dilaksanakan. Pada bagian awal, biasanya pemohon akan aku minta mengirimkan draft proposal penelitian yang akan dikonsultasikan. Ini penting, karena untuk menghindari anggapan sementara orang  bahwa jasa konsultasi ini disamakan dengan jasa pembuatan proposal. Dalam hal ini, aku mengutamakan ke-otentikan karya mahasiswa dan menentang plagiarism.

No comments:

Post a Comment