Sunday, September 25, 2016

Menggali ilmu dari Kursus menulis buku online

 Tidak jauh dari  membaca, ketrampilan menulis harus terus dipupuk dengan terus belajar menulis dan menulis. Ini seperti yang diajarkan Ibu Agus Mita kepadaku, ketika aku berkesempatan mengikuti kursus online-nya. Dengan metode 2JT sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan menulis. Apalagi dengan paket materi belajar dalam format file mp4, peserta dapat melihat pengalaman praktek menulis cepat dan efektif.

Metode 2JT
Prinsipnya untuk meningkatkan kemampuan menulis ada aturan dasarnya. Jangan kritik tulisan kita. Jangan berhenti menulis. Teruslah menulis hingga tuntas seluruh gagasan itu dapat dituangkan. Itulah cara kerja metode 2 JT.
Ketika aku coba praktekan aturan dasar itu, memang luar biasa. Serasa tangan di atas keyboard komputer itu tidak mau berhenti, mengikuti jalan pikiran kita. Jari-jari tanganku terus menulis, hingga tidak terasa aku telah menghabiskan banyak halaman kertas pada layar MS Word.
Tetapi kapan aku harus berhenti dan mengeditnya? Aku pernah menanyakan ini pada Bu Agus Mita, ketika berkesempatan chatting menggunakan Yahoo Masanger.  “Seperti aturan dasarnya, berhentilah setelah tuntas anda dapat menuangkan gagasan itu” Demikian pesan singkat Bu Agus Mita menjawab pertanyaanku.

Menggunakan mind-map
Untuk memudahkan melokalisir gagasan, biasanya aku melakukannya dengan membuat mind-map dari tema besarnya,  ke dalam sub-sub tema. Sehingga ketika harus menggunakan metode 2JT, aku dapat meng-explore seluruh gagasan itu per sub tema. Sehingga dalam waktu yang sama, aku sudah membandingkan, metode 2JT dengan menggunakan mind-map lebih efektif.

10 Senjata pamungkas
Hal menarik lainnya mengikuti kursus menulis online pada Ibu Agus Mita itu di bagian akhir kursus menulis. Ada modul yang di tulis Pak Udin (Suami Ibu Agus Mita), berisi jurus-jurus pamungkas untuk membuat tulisan menjadi lebih berenergi. Hingga saat ini sepuluh jurus itu masih sering aku membaca ulang dan menerapkannya pada tahapan mengedit tulisan. Ingin sekali aku menuliskan pesan-pesan pak Udin itu disini.
  1. Memberi penjelasan. Senjata penjelasan bisa memberikan pemahaman lebih cepat ketimbang hanya menyebutkan sebuah fakta saja. Dengan menjelaskan tempat, orang tak salah alamat. Dengan menjelaskan waktu, orang jadi tahu hari, tanggal, bulan dan tahun. Dengan menjelaskan cara, orang tahu memperlakukan sesuatau. Begitulah Senjata Penjelasan bekerja. Ia sangat ampuh memahamkan pikiran manusia.
  2. Memberi pengulangan. Ya, keampuhan pengulangan itu seperti iklan produk yang sering diulang-ulang di TV. Semakin sering diulang semakin nancap image produk tersebut dibenak konsumen dan semakin tinggi pula keinginan untuk membeli produk.
  3. Menyisipkan kutipan. Dengan mengutip pendapat orang lain, pembaca akan percaya pada Anda karena bukan Anda yang berpendapat melainkan “orang penting”.
  4. Menyegarkan suasana dengan menghadirkan positif-negatif.  Caranya adalah dengan meletakkan yang buruk disamping yang baik atau sebaliknya. Meletakkan yang atas setelah yang bawah atau sebaliknya. Meletakkan yang kiri setelah yang kanan atau sebaliknya. Kita dapat menngunakan kata penghubung: tapi, namun atau padahal.
  5. Menyentil dengan pertanyaan retoris.
  6. Memberi penjelasan berjentjang untuk memukau. Membawa pembaca untuk naik level ke pemikiran, perasaan atau keadaan yang lebih tinggi atau sebaliknya. Dan semua orang selalu senang bila diajak naik, bukanya berhenti di satu titik.
  7. Menyisipkan data statistik juga dapat membuat tulisan Anda bernilai tinggi. Ia merupakan hasil penelitian. Dan tentu saja sangat ampuh menarik kepercayaan. Cantumkan ia dalam tulisan Anda.
  8. Mendeskripsikan fakta, anda seperti menyuguhkan bayangan akan potret fakta tersebut dengan lebih elok, lebih menyentuh, lebih nyata.
  9. Membuat contoh. Tanpa contoh pembaca tidak menemukan sesuatu yang berhak untuk diteladani dan atau untuk ditinggalkan
  10.  Membuat Analogi,  dengan cara membandingkan dua hal yang mengandung banyak persamaan sehingga dapat ditarik kesimpulan yang sama.


Kursus yang menguatkan
Dari mengikuti kursus menulis online ini, aku memperoleh keberanian, semangat dan kemauan. Dari kursus menulis buku inilah akhirnya, ide menulis e-Book, yang sudah lama maju-mundur, pasang-surut itu akhirnya terwujud. Sekali lagi aku melihat metode 2JT itu, menurutku tidak membahas teori-teori menulis, tetapi mengajak seseorang untu melakukan. 

No comments:

Post a Comment