Sunday, September 25, 2016

Google Adsence meningkatkan ketrampilan, sekaligus pendapatan

Efek positif lain dari menulis dan mengelola web selain sebagai media latihan menulis, ternyata blog dapat berfungsi sebagai media pemasaran online. Dan pemilik blog tidak harus memiliki produk sendiri yang akan dijual.

Konsep ABG dalam Adsence
Dengan konsep adsence, yang dirancang misalnya oleh Goggle Adsense, pemasaran melalui internet (internet marketting) itu melibatkan tiga fihak utama, sebut saja ABC (Advertiser-Blogger-Coorporate).  Advertiser adalah fihak atau perusahaan pemilik produk yang akan dipasarkan. Blogger adalah pemilik blog atau website yang dapat memasarkan produk dalam bentuk iklan. Dan corporate atau fihak yang mempertemukan kedua fihak advertiser dan blogger, seperti Google.

Bagaimana sistem itu bekerja? Dalam hal ini corporate Google menerima pesanan dari pemilik produk untuk dipasangkan iklannya di sejumlah blog yang memenuhi syarat.  Sementara itu, Google akan meng-aproval sejumlah blog atau website yang mendaftar sebagai pengiklan produk. Bagi blog yang di aprove akan dipasangi iklan oleh Google. Sebagai imbalannya Google akan membayar ke pemilik blog (Blogger).

Meningkatkan  income dari Google Adsence
Pendapatan dari Google Adsense yang diterima blogger,  dihitung berdasarkan jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung pada iklan yang terpasang. Oleh karena itu, semakin banyak pengunjung website, besar kemungkinannya melakukan klik pada iklan yang ada di website atau blog. Semakin banyak pengunjung yang melakukan klik pada iklan yang ada di website atau blog, makin banyak pula pendapatan yang dapat diterima.


Karena faktor inilah, maka jika seorang blogger hendak meningkatkan pendapatannya, maka seorang blogger harus  rajin menulis dan meng-update posting-postingnya di blog. Dengan begitu akan meningkatkan nilai SEO (search engine optimization) suatu blog, menyebabkan meningkatnya jumlah pengunjung. Dengan terus menulis di blog, akan mendatangkan manfaat ganda:  ketrampilan menulis kita terus terpupuk dan pendapatanpun makin menumpuk.

No comments:

Post a Comment