Sunday, September 25, 2016

Menjual e-Book menjadi bisnis keluarga

 Ketika e-Book “Cara mudah menulis proposal penelitian” sudah selesai, sekarang giliran aku untuk menjualnya. Untuk menjual e-Book aku memilih cara yang paling efisien. Dengan begitu, aku dapat menjualnya dengan harga yang sangat terjangkau. Awalnya e-Book Book “Cara mudah menulis proposal penelitian” aku jual dengan harga Rp 20.000,- Namun belakangan, aku justru banyak pesanan e-Book itu dengan harga Rp 25.000,-!

Terinspirasi dari kursus menulis buku
Mengapa bisa begitu? Ini bisa terjadi tentulah tidak lepas dari kuasa Allah SWT melalui banyak jalan yang aku tidak pernah menduganya. Awalnya adalah kursus tertulis menulis buku dengan metode 2JT asuhan Bu Agus Mita. Kursus ini bagiku pribadi sangat menginspirasikan banyak hal. Bahkan sejak proses pendaftaranya.

Kaitanya dengan bisnisku menjual e-Book, aku punya cerita yang menarik. Terinspirasi ketika aku memutuskan bergabung mengikuti kursus tertulis menulis buku. Ketika suatu malam, kira-kira menjelang jam 22.00 WIB, aku browsing dan menemukan alamat web kursus tertulis menulis buku. Aku sangat tertarik untuk mendaftar. Tetapi aku terkendala, karena cara pembayaran pendaftarannya melalui transfer melalui rekening. Padahal aku tidak memiliki fasilitas SMS Banking.

Dengan rasa penasaran, akhirnya aku beranikan menulis pesan singkat (SMS), tentang masalah yang aku hadapi untuk mengikuti kursus, jika harus transfer sejumlah uang ke rekening malam itu. Selang beberapa saat, aku memperoleh  SMS jawaban: “Terimakasih Pak Cokro, atas respon bapak untuk mengikuti kursus tertulis menulis buku dengan metode 2JT. Jika kesulitan mentransfer biaya kursus Rp 200.000,- sebenarnya ada cara lain. Yaitu dengan transfer pulsa sebesar Rp 250.000,-“

Memperoleh jawaban seperti itu, spontan malam itu juga aku berhasil mentransfer pulsa senilai Rp 250.000,- melalui teman sekantor, yang biasa menjadi langganan pulsa. Dan sejak saat itu juga pendaftaranku berhasil, dan akupun resmi menjadi peserta kursus untuk tiga bulan ke depan.

Pelajaran bisnisnya, adalah kemudahan akses.
Menyadari kejadian itu, lantas aku berfikir. “Mengapa tidak aku terapkan untuk bisnis penjualan e-Bookku?”  Bagaimana caranya? Aku akan merubah pilihan harga e-Book “Cara mudah menulis proposal penelitian” dari Rp 20.000,- dengan cara transfer ke nomor rekeningku. Dari pengalaman itu, aku menambahkan pilihan harga e-Book Rp 25.000,- jika pembayarannya melalui transfer pulsa telpon selulair. Dengan menggantii nomor hanphone untuk pemesanan dan transfer pulsa, aku menggantinya dengan nomor handphone isteriku, yang menggunakan pulsa pra-bayar.


Dengan alternatif pembayaran melalui transfer pulsa, jumlah pembelian e-Book“Cara mudah menulis proposal penelitian” dalam tiga bulan, meningkat lima kali lipat dari cara pembayaran terdahulu. Bahkan dalam satu periode bulan tertentu, sekitar Bulan Mei-Juni, handphone isteriku kebanjiran pulsa! Untungnya, operator sesulairnya memiliki fitur untuk transfer pulsa ke sesama pengguna. Sehingga, dengan memanfaatkan fitur layanan itu, isteriku dapat berbagi dan menjual pulsanya.

No comments:

Post a Comment