Thursday, October 13, 2016

Mengelola layanan call center ambulans gratis bagi warga miskin

 Layanan ambulans secara online sebenarnya untuk memenuhi kebutuhan ambulans bagi masyarakat. Dalam keadaan kegawatdaruratan medis ketika masyarakat sakit, mengalami kecelakaan maupun kasus-kasus kegawatdaruratan persalinan, sangat memerlukan penanganan yang cepat. Namun, untuk mencapai ke pelayanan kesehatan terdekat seringkali, menghadapi masalah jarak, geografis maupun biaya.

Awalnya karyawan menerima tugas shift dan lembur
Sejak diluncurkannya program ambulans online dalam rangka program 100 hari Bupati Ir. H. M. Yahya Fuad, SE dan Wakil Bupati K.H. Yazid Mahfudz, masyarakat sangat menyambut gembira. Banyak orang kemudian berbondong menelpon ke call center ambulans, 0287-383222 itu. Banyak kemudian penyesuaian-penyesuaian yang harus dilakukan, sebagai transisi awal implementasi program baru.

Diantara permasalahan yang muncul dengan diberlakukan layanan ambulans online, adalah masalah ketenagaan, baik sopir ambulans maupun tenaga operator call center. Ketika awal pelaksanaan program layanan ambulans ini, ditempatkan di Dinas Kesehatan. Untuk memenuhi kebutuhan tenaga operatornya, Dinas Kesehatan memberlakukan tugas lembur bagi sebagian karyawanya. Dalam beberapa hal menjadi kurang efektif, karena layanan 24 jam mengharuskan tugas lembur. Jelas, mempengaruhi kinerja dan produktivitas karyawan dalam melaksanakan tugas pokoknya.

Memindahkan sistem layanan ke UPTP2K
Dengan pertimbangan efektivitas, maka Pemkab Kebumen mengambil langkah antisipatif. Pertama, memindahkan layanan ambulans online gratis bagi warga miskin ini dari Dinas Kesehatan ke UPTP2K. Kedua, melakukan rekruitmen tenaga harian lepas sebagai operator call center.

Alhamdulillah, langkah Pemkab tersebut dapat berjalan. Rekruitmen telah berhasil memilih tujuh tenaga operator call center, dan satu orang tenaga sopir ambulans. Sejak tanggal 1 Oktober 2016, sistem layanan ambulans online gratis bagi warga miskin, menjadi bagian layanan terpadu di UPTP2K. Dengan nomor panggil yang sama, yaitu 0287-383222.

Mengelola sistem layanan
Guna memberikan layanan yang sebaik-baiknya bagi warga masyarakat dalam menggunakan ambulans, maka harus didukung sistem layanan yang standar dan terukur. Memungkinkan setiap petugas dapat berlaku dan bertindak memberi layanan dengan kualitas yang relatif sama. Petugas bekerja dengan mekanisme pelayanan yang standar.


Untuk dapat melayani penuh selama 24 jam, petugas diberlakukan sistem jaga atau shift. Pada setiap shift, semua petugas akan melakukan tahapan-tahapan pekerjaan, dengan aktivitas yang sudah ditentukan. Tahapan pekerjaan itu diawali dengan: mulai jaga shift,  menerima telpon, mengisi data/register pemohon, meneruskan pesan telepon kepada sopir ambulans, mengisi laporan jaga, serta mengakhiri dan melakukan pergantian shift.

No comments:

Post a Comment