Saturday, May 21, 2016

Bagas lahir pada peride praktek akhir kebidanan

Lahir pas periode praktek
Anakku Bagas, lahir pada periode mendekati akhir pendidikan diploma kebidanan yang diikuti isteriku. Saat itu, isteriku baru saja menjalani praktek kebidanan RS PKU Muhammadiyah Purworejo. Dan harus berpindah di rumah Bidan Praktek Mandiri. Dengan berbagai negosiasi, akhirnya isteriku bisa memperoleh ijin melahirkan, walaupun hanya satu minggu. Sesudahnya isteriku harus memulai menjalani praktek kebidanan.


ASI berhenti
Dalam kondisi seperti itu, aku melihat bagaimana situasi sulit yang dialami isteriku. Satu sisi, baru melahirkan dan merawat bayi. Sementara, ia harus menyelesaikan tugas-tugas praktek. Aku melihat bagaimana ia harus pulang pergi dari tempat praktek untuk merawat dan memberikan ASI. Dengan mengendarai sepeda motor, seminggu pasca persalinan, menurutku tindakan yang sangat membahayakan.

Tetapi kondisi ini dilalui isteriku dengan semangat. Walaupun akhirnya aku menyadari, betapa isteriku sangat stres dengan kondisi semacam ini. Akibat dari keadaan isteriku, ASI yang untuk Bagas anakku, berhenti total. Tidak mengalir. Sejak itu, aku dan isteriku mencoba memperkenalkan beberapa jenis produk susu formula. Alhamdulillah, Bagaspun tidak terlalu sulit untuk menyesuaiakan.

No comments:

Post a Comment