Monday, December 19, 2016

Teknik mengembangkan tulisan dengan menambahkan bumbu rahasia ala Anang YB

Menulis ternyata butuh sentuhan khusus atau resep rahasia, agar tulisan menjadi lebih menarik, mengalir dan tidak kaku. Itulah tujuan Anang YB menulis “Guru writing berdiri, murid writing berlari. Buku yang tidak terlalu tebal itu, memuat tips-tips  mengembangkan tulisan. Hingga akhirnya tulisan kita menjadi lebih ber-energi!

Kata seru
Resep pertama yang disarankan adalah  dengan menyisipkan kata seru. Menambahkan kata seru dalam tulisan akan membuat kalimat tidak monoton. Kata seru dapat memberi tone  tertentu pada kalimat, sehingga tulisan menjadi lebih hidup. Karena dalam paragrafnya menjadi ada dialog, membuat tulisan enak dibaca dan tidak menjemukan. Pembaca sesekali “dikagetkan” dengan kata seru, hingga membuat pembaca senantiasa terjaga menikmati tulisan kita. Anang YB mengingatkan perlunya menyisipkan kata seru, meskipun kata seru tersebut bukan dalam kalimat langsung.

Dialek
Selain kata seru, bumbu rahasia mengembangkan cerita atau tulisan adalah dengan memberinya dialek.  Dialek adalah ungkapan-ungkapan khusus yang bersifat lokal atau kedaerahan. Unsur dialek di dalam cerita atau kalimat akan membuat cerita lebih berkembang. Mengapa begitu? Dengan dialek dan istilah lokal itu, dapat bikin pembaca geregetan, karena secara tiba-tiba kita diajak “pergi jauh” ke suatu tempat atau komunitas tertentu. Selain itu, dengan menambahkan dialek, dapat menghadirkan citarasa “lokal” tertentu.

Kata pengganti
Menggunakan kata pengganti merupakan  sentuhan rahasia Anang untuk menghindari perasaan pembaca cepat bosan. Dengan menggunakan kata pengganti, seorang penulis dapat menghadirkan tokohnya, atau membahas subyek dengan berbagai “penampilan” dan variatif.

Bergaya sinetron
Ini dia resep rahasia Anang YB yang heboh, menurutku. Yaitu teknik membuat cerita atau tulisan kita benar-benar seperti hidup! Yaitu dengan membuatnya seperti sinetron. Seperti dalam sinetron, obyek atau subyek dalam cerita atau tulisan digambarkan tampak benar-benar nyata. Mata pembaca dimanjakan, kenyataan disajikan di depan mata secara detil. Kelezatan dan citarasa dilukiskan secara sempurna, hingga pembaca menelan ludah! Teknik ini seperti diingatkan Anang, terutama untuk mendiskripsikan secara detil sebuah kata sifat.

Bergaya Curhat
Menurutku tips rahasia bergaya curhat ini adalah tips yang paling masuk aka. Mengapa demikian? Rata-rata orang sangatlah pandai untuk bercakap-cakap, dibanding ketika seseorang diminta untuk menulis. Dengan gaya curhat, memungkinkan seorang penulis menyampaikan pesan dalam tulisannya secara santai, tidak terburu-buru, namun mendalam. Kita dapat menggambarkan obyek dan suasana hati secara tulus dan jujur.

Buku seru!
Buku tulisan Anang YB ini telah menjadi baku bacaan favoritku. Meski sudah membacanya, aku masih suka membukanya berulang kali. Meskipun buku ini  tergolong bacaan yang sudah tidak baru lagi, namun bagiku sangat inspiratif. Dapat menjadi sumber “vitamin” dan menggairahkan aktivitas menulis. 

No comments:

Post a Comment